Brian Tracy: Segala Sesuatu Terjadi Karena Suatu Alasan

Brian Tracy, penulis buku Maximum Achievement, mengatakan bahwa segala sesuatu terjadi karena suatu alasan / sebab. Selalu ada sebab untuk suatu akibat. Inilah yang disebut hukum sebab akibat.

Pusta Hery Kurnia - brian-tracy

Hukum ini berlaku untuk segala sesuatu. Masih ingat kisah lomba lari kelinci vs kura-kura? Kelinci merasa diri jauh lebih hebat soal lari dibanding kura-kura, ia pun meremehkan lawannya. Ketimbang segera menyelesaikan lomba dan berlari ke garis finish, kelinci bersantai-santai di tengah jalan. Kura-kura terus konsisten bergerak menuju garis akhir. Ketika kelinci tersadar dan mulai berlari lagi, lawannya sudah sampai garis finish dan kelinci pun kalah!

Karena kelinci meremehkan, bersantai-santai, akibatnya ia kalah. Sebaliknya, karena kura-kura punya keyakinan, konsisten, ia pun menang. Lihat, hukum sebab akibat berlaku di sini. Lebih lagi, ternyata sebab positif akan menghasilkan akibat positif, dan sebab negatif akan berujung pada akibat negatif. Ketika kita melakukan sesuatu yang negatif, akibatnya kita dapatkan hal yang negatif. Namun, ketika kita memilih untuk lakukan hal positif, kita pun akan mendapatkan hal positif.

Saya tidak tahu Anda berada di jalur yang mana saat ini. Apakah Anda terus melakukan hal positif: terus belajar, disiplin kerjakan tugas di kantor, membangun relasi yang baik dengan seluruh rekan kerja, memberikan apresiasi pada anak buah/atasan, terus prospekting dan presentasi. Atau Anda sedang berada di jalur negatif: pura-pura sibuk saat atasan datang, menyerahkan tugas pada anak baru, memberikan hasil kerja seadanya, tidak mau mendengarkan saat ada orang lain yang berbicara. Yang pasti, kalau Anda lakukan positif ujungnya positif, dan kalau Anda lakukan hal negatif ujungnya akan negatif.

Sahabat, hukum sebab akibat selalu berlaku, pilihan di tangan Anda untuk berada di jalur yang mana.

Oleh: Pusta Hery Kurnia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s